Pengembang game Valve telah mulai meluncurkan fitur baru untuk pengguna Beta SteamVR yang memungkinkan program tersebut menganalisis kinerja GPU pelanggan dan resolusi headset VR mereka, dan secara otomatis mengoptimalkan pengaturan Supersampling untuk mendapatkan pengalaman visual terbaik. Kemampuan baru ini tidak memperhitungkan aplikasi individual, namun menggunakan default yang masuk akal untuk sejumlah GPU di pasaran, bersamaan dengan data mengenai resolusi maksimum untuk berbagai headset VR seperti Oculus Rift dan HTC Vive. Jika GPU Anda mampu memaksimalkan resolusi headset VR Anda, maka pengaturannya akan melakukannya. Demikian juga, jika GPU Anda sedikit lebih lemah, program akan menurunkan secara otomatis permainan Anda. Pengaturannya diaktifkan secara default, namun bisa diganti secara manual dengan mudah. Jika Anda menggunakan SteamVR dengan RiftCat, fitur ini harus menskalakan konten sesuai dengan resolusi smartphone di dalam headset VR Anda.
Supersampling adalah, cukup sederhana, upscaling. Fitur baru SteamVR memungkinkannya untuk membawa resolusi permainan atau aplikasi Anda sesuai dengan resolusi maksimum jika GPU Anda mendukungnya, yang berarti aset akan ditingkatkan dan disaring agar terlihat lebih halus dan lebih rinci. Downsampling justru sebaliknya; itu berarti aset akan diskalakan kembali dalam resolusi dan penyaringan akan dimatikan jika GPU Anda tidak dapat menangani konten dengan resolusi penuh yang tersedia bersama headset Anda. Perlu dicatat bahwa resolusi rendering internal dari aplikasi atau permainan yang ada tidak terpengaruh, dan variabel ini sebenarnya dapat memberi dampak lebih besar pada kinerja daripada hanya mengurangi downsampling. Jika fitur baru menyebabkan masalah kinerja atau gagal menyelesaikan masalah yang ada, tindakan terbaik adalah menonaktifkannya dan mencoba bermain dengan pengaturan resolusi dan penskalaan sendiri.
Pengenalan fitur ini adalah bagian dari dorongan untuk membuat VR lebih user-friendly, namun memiliki efek knock-on untuk pengembang. Pengembang game dan aplikasi yang mempublikasikan ke SteamVR tidak perlu khawatir lagi membangun upscaling dan downsampling ke konten mereka, atau membuat beberapa versi aset untuk resolusi yang berbeda kecuali jika mereka menginginkannya. Menciptakan aset segar untuk berbagai resolusi dapat membawa hal-hal yang lebih sesuai dengan visi pengembang dan melestarikan rincian yang lebih penting dan keseluruhan tampilan konten, namun membiarkan SteamVR untuk menangani aspek pengembangan ini akan menghemat waktu dan sumber daya, dan dalam banyak kasus , akan terlihat cukup bagus untuk menyenangkan pengguna.
sumber
HALAMAN SELANJUTNYA: